Kediri, 3 September 2024 — Suasana penuh semangat dan kebanggaan menyelimuti acara pengenalan mahasiswa baru di Universitas Nusantara PGRI (UNP) Kediri pada Selasa (3/9). Sebanyak 2.026 mahasiswa baru Universitas Nusantara PGRI (UNP) Kediri mengikuti Program Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB). Kegiatan ini secara resmi dibuka oleh Bupati Kediri, Hanindhito Himawan Pramana, S.H., yang didampingi oleh Rektor UNP Kediri, Dr. Zainal Afandi, M.Pd., dan Kepala LLDIKTI Wilayah VII Jawa Timur, Prof. Dr. Dyah Sawitri, S.E., M.M.

Acara PKKMB yang berlangsung kemarin di aula halaman Kampus 4 UNP Kediri ini berjalan dengan khidmat dan penuh antusiasme. Dalam sambutannya, Bupati Kediri yang akrab disapa Mas Dhito, berpesan kepada para mahasiswa baru agar memanfaatkan waktu di UNP Kediri untuk menimba ilmu sebanyak-banyaknya.

Mas Dhito juga berdialog langsung dengan para mahasiswa baru (maba) di tengah sambutannya, mengajak mereka untuk aktif berinteraksi dan menunjukkan semangat belajar yang tinggi. Sebagai bentuk dukungan untuk memajukan pendidikan di UNP Kediri, Bupati Dhito memberikan hadiah berupa sarana belajar seperti laptop, Ponsel, dan sepatu kepada mahasiswa yang aktif berpartisipasi selama PKKMB.

Rektor UNP Kediri, Dr. Zainal Afandi, dalam sambutannya menegaskan bahwa jumlah mahasiswa baru yang diterima pada tahun 2024 ini mencapai 2.026 orang. Dari jumlah tersebut, sebanyak 777 mahasiswa berasal dari Kabupaten Kediri, sementara sisanya berasal dari 76 kota/kabupaten lain di seluruh Indonesia.

“Mahasiswa yang berasal dari wilayah terjauh adalah dari Papua dan Sumatera,” ujar Zainal. Ia juga menambahkan bahwa PKKMB akan berlangsung hingga Sabtu (7/9) mendatang, di mana para mahasiswa baru akan diberikan pembekalan mengenai hak dan tanggung jawab mereka sebagai mahasiswa, serta diperkenalkan dengan lingkungan kampus dan sistem pendidikan tinggi di UNP Kediri.

“Dan pada Sabtu mendatang, mahasiswa baru ini akan kami kukuhkan menjadi bagian resmi dari keluarga besar UNP Kediri,” pungkas Rektor Zainal dengan penuh semangat.