Status terakreditas BAN-PT No.1042/SK/BAN-PT/Akred/PT/VI/2016

back

Cara Cek Keaslian Ijazah Di SIVIL Ristekdikti Secara Online

08 Oktober 2018 || 14:19:06 WIB || Budi Hartono

Untuk memastikan keabsaahan ijazah dan untuk menghentikan munculnya ijazah palsu, Kementerian Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi (Kemenristekdikti) mengambil langkah serius dengan penomoran verifikasi ijazah secara elektronik. Menristekdikti, Mohamad Nasir, mengatakan, untuk menangkal ijazah palsu yaitu memberlakukan Penomoran Ijazah Nasional (PIN) dan Sistem Verifikasi Ijazah secara Elektronik (Sivil).

SIVIL merupakan sistem verifikasi ijazah secara elektronik atau online yang terintegrasi dengan Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD Dikti), sehingga keabsahan seorang lulusan akan diverifikasi konsistensinya dengan riwayat proses pendidikan di perguruan tinggi dan pemenuhan atas standar nasional pendidikan tinggi.

Manfaat lain dari layanan yang dapat diakses secara langsung oleh masyarakat ini adalah dapat digunakan untuk mengecek ijazah melalui salinan ijazah dengan cara memasukkan nomor yang terdapat pada ijazah. Berikut cara mudah mengecek keabsahan ijazah dengan cepat, tepat, dan akurat secara online.

Cara Mengecek Keaslian Ijazah Melalui SIVIL Ristekdikti:

1. Klik tautan https://ijazah.ristekdikti.go.id/   atau   http://belmawa.ristekdikti.go.id/ijazah/

2. Cari Perguruan Tinggi tempat Anda kuliah dengan cara tulis Kata  Kunci, seperti Universitas, Sekolah Tinggi dan lainnya

3. Pilih Program Studi  anda

4. Tulis nomor Ijazah atau PIN (Penomoran Ijazah Nasional).

5. Lalui pengaman dengan menjawab pertanyaan yang ditampikan.

6. Setelah itu Klik verifikasi

Jika nomor ijazah Anda terdaftar dipangkalan dikti maka akan keluar data diri Anda, jika tidak maka akan keluar informasi “Data tidak ditemukan di pangkalan dikti, silahkan menghubungi perguruan tinggi yang bersangkutan”. Layanan ini tidak menampilkan detail ijazah dengan alasan kerahasiaan.

Semoga membantu, jangan lupa dishare tulisan ini agar dapat membantu rekan-rekan yang lain.