PAUD LAB SCHOOL

UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI

{Jalan Lintasan no.7, Mojoroto Kediri}

-Berkhlaq Mulia- Mandiri- Kreatif-

Website : www.paudlabnusantara.id

Email : paudlabnusantara@unpkediri.ac.id

Visi:

Menjadi lembaga unggul dalam Mengembangkan seluruh potensi anak yang berakhlaq mulia, mandiri, dan kreatif.

Misi

  1. Memberikan layanan secara menyeluruh terhadap pengoptimalan potensi anak sesuai tahapan perkembangan
  2. Memberikan layanan kepada anak sesuai dengan kebutuhan yang disesuaikan dengan karakteristik anak
  3. Mengedepankan stimulasi terhadap penanaman nilai-nilai budi pekerti yang luhur melalui kegiatan pembiasaan nilai-nilai keagamaan dalam proses belajar sehari-hari
  4. Mengedepankan pengoptimalan dasar kepribadian yang mandiri sebagai pondasi yang kuat bekal ketrampilan hidup
  5. Memberikan rangsangan pendidikan yang menyenangkan serta bermakna bagi anak
  6. Memberikan kesempatan pada anak menunjukkan kretaifitas melalui tugas-tugas perkembangan yang dilaluinya
  7. Memberikan penanaman kuat sikap  anak yang mampu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
  8. Menanamkan sejak dini rasa cinta tanah air Indonesia

Tujuan:

  • Memberikan wadah pendidikan yang diperuntukkan bagi anak usia dini
  • Menanamkan budi perkerti yang luhur disertai nilai cinta tanah air sebagai semangat lembaga yang mengedepankan menghargai keberagaman
  • Proses pembelajaran yang disesuaikan dengan tumbuh kembang anak melalui aktifitas bermain yang kreatif dan menyenangkan
  • Mengembangkan seluruh aspek kemampuan anak : bahasa, kognitif, fisik-motorik, sosial-emosional, nilai moral agama dan seni
  • Pengenalan bahasa asing, teknologi

Denah Ruangan PAUD Lab School

UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI

  1. Karakteristik Keunggulan PAUD
  2. Menggunakan Kurikulum 2013

Kurikulum merupakan seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Kurikulum 2013 berdasarkan PERMEN No.146 Tahun 2014, memiliki karakteristik sebagai berikut:

  1. Mengoptimalkan perkembangan anak yang meliputi 6 (enam) aspek: nilai agama dan moral, fisik-motorik, kognitif, bahasa, sosial emosional, dan seni yang tercermin dalam keseimbangan kompetensi sikap, pengetahuan, dan ketrampilan;
  2. Menggunakan pembelajaran tematik dengan pendekatan “saintifik” dalam pemberian rangsangan pendidikan;
  3. Menggunakan penilaian autentik dalam memantau perkembangan anak; dan
  4. Memberdayakan peran orang tua dalam proses pembelajaran.

Tujuannya untuk mendorong berkembangnya potensi anak agar memiliki kesiapan untuk menempuh pendidikan selanjutnya.

  1. Model pembelajaran yang digunakan adalah SENTRA

Sentra adalah pendekatan penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini yang berfokus pada anak yang dalam proses pembelajarannya berpusat di sentra main dan dalam lingkaran dengan menggunakan 4 (empat) jenis pijakan (scaffolding) untuk mendukung perkembangan anak. Kermpat pijakan tersebut adalah :

  1. Pijakan lingkungan main
  2. Pijakan sebelum main
  3. Pijakan selama main
  4. Pijakan setelah main

Beberapa Sentra yang akan dibuka pada hari Senin s/d Kamis diantaranya: 1) Sentra Persiapan; 2) Sentra Budaya Tradisional; Sentra pada hari Jumat: 1) Sentra imtaq (setiap jadwal sentra bisa menyesuaikan)

  1. Penanaman Karakter lebih ditekankan pada kegiatan “pembiasaan” dan lebih banyak daripada akademis (kognitif) seperti pengenalan calistung akan dikemas dalam bentuk “bermain”.
  2. Trilingual system: Bahasa Indonesia, Bahasa Jawa, Bahasa Inggris. *)

Strategi pembelajaran pada semua sentra kecuali bahasa daerah

menggunakan sistem dua bahasa, yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Bahasa Daerah diajarkan melalui pembiasaan sebagai bentuk pengenalan budaya lokal sebagai jatidiri masyarakat jawa timur yang mengerti tata krama dan sopan santun yakni mengerti dan mampu berbahasa jawa “krama”

  1. Pengelolaan Kegiatan Pembelajarannya dengan bermain aktif, kreatif dan menyenangkan.
  2. Kegiatan ekstrakurikuler pada PAUD Labschool UN PGRI Kediri antara lain : ektra seni tari (tradisional dan modern), seni musik , dan seni rupa sebagai wadah pengembangan kemampuan bakat dan keterampilan sejak usia dini.
  1. KELOMPOK BERMAIN

Usia minimal 2 Tahun 10 Bulan

Kelompok Bermain bertujuan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan agar kelak siap memasuki pendidikan lebih lanjut dengan mengutamakan kegiatan “belajar melalui bermain”

Waktu Belajar:

  • Grup A: Senin dan Rabu : pukul 07.30-10.00

Jumat : pikul 07.30- 09.00

  • Grup B: Selasa dan Kamis : pukul 07.30-10.00

Jumat : pikul 07.30- 09.00

  1. TAMAN KANAK-KANAK

Usia minimal 3 Tahun 10 Bulan

Taman Kanak-Kanak merupakan salah satu bentuk pendidikan anak usia dini pada jalur pendidikan formal, dengan waktu pembelajaran reguler.

Waktu Belajar:

  • Grup A: Senin- Kamis : pukul 07.30-10.30

Jumat : pikul 07.30- 10.00

  • Grup B: Senin- Kamis : pukul 07.30-10.30

Jumat : pikul 07.30- 10.00

  1. STANDAR PENCAPAIAN PERKEMBANGAN

Kompetensi Inti, Spiritual, Sikap Pengetahuan dan Ketrampilan

  1. KONSEP PEMBELAJARAN

Berbasis Active Learning dan Pengembangan Karakter

  1. KEGIATAN PENDUKUNG
  • Outbond
  • Pentas Seni
  • Welcome Tema
  • Puncak Tema
  1. FASILITAS

Leave a Comment